Cara Bayar Pajak Kendaraan Online dengan Android

bayar pajak kendaraan online

Semenjak teknologi semakin berkembang, kemudahan semakin dirasakan, bahkan untuk perkara bayar pajak kendaraan yang biasanya antri panjang sekarang bisa dengan mudah lewat genggaman. bagi yang belum tahu caranya, berikut ini droidnolimit membahas cara bayar pajak kendaraan online dengan android (perlu diketahui sebelumnya bahwa tutorial ini untuk area Jawa Barat, untuk Provinsi lain mungkin berbeda)

Aplikasi yang diperlukan

Sebelum kita membayar pajak, kita perlu mengetahui berapa besaran pajak yang perlu dibayarkan, pembayaran pajak bisa dilakukan melalui ATM, bukalapak, tokopedia dan beberapa merchant yang mendukung pembayaran pajak online.

Pertama instal aplikasi sambara (untuk pajak kendaraan jawa barat), pilih info PKB, lalu masukan plat nomor yang akan di cek jumlah besaran pajak dan dendanya, maka akan muncul seperti berikut:

Pajak Kendaraan Online
Pajak Kendaraan Online

pilih Ya pada pilihan Lanjut daftar online? kita akan diminta nomor KTP dan lima terakhir nomor rangka yang bisa dilihat di STNK

masukan Nomor KTP dan Rangka
masukan Nomor KTP dan Rangka

setelah itu akan diperoleh kode bayar, seperti berikut ini:

kode bayar
kode bayar

kode bayar ini nantinya digunakan untuk pembayaran online. jika kamu memiliki rekening di Bank Jabar Banten (BJB), pembayaran bisa dilakukan di ATM BJB, namun jika kamu tidak memiliki rekening BJB pembayaran dapat dilakukan melalui tokopedia ataupun bukalapak.

Pembayaran Pajak Online

1. pembayaran melalui ATM BJB

Pembayaran melalui ATM lebih disarankan karena kita mendapatkan bukti fisik yang sudah tercetak, sehingga untuk pemberkasan menjadi lebih mudah. bukti hasil pembayaran melalui ATM hasilnya seperti berikut:

bukti pembayaran pajak online
bukti pembayaran pajak online

2. pembayaran melalui tokopedia

jika pun kamu tidak punya ATM BJB, pembayaran bisa melalui e-commerce yang mendukung seperti tokopedia atau pun bukalapak, droidnolimit contohkan jika pembayaran melalui tokopedia, yaitu dengan masuk ke menu E-samsat, kita akan diminta memasukan Pilih Wilayah dan Kode Bayar.

e-samsat tokopedia
e-samsat tokopedia

Cetak Surat Keterangan Pajak / STNK

Jika berkas bukti bayar sudah di tangan, (untuk bukti screenshot pembayaran melalui tokopedia, bukti bisa dicetak atau dikirim ke petugas kasir, via WA dan sejenisnya, baiknya memang invoice sudah dicetak) langkah selanjutnya adalah langsung ke kasaa/kasir, dengan membawa berkas KTP dan STNK (beserta fotokopinya) serta bukti bayar online.

Baca Juga  Cara Menghapus atau Disable Aplikasi Bawaan dan Bloatware di Android MIUI

Setelah itu kita tinggal menunggu sekitar 5-10 menit untuk dipanggil dan beres. Pembayaran pajak online ini sangat memangkas waktu tunggu dari loket 1 ke kasir yang biasanya memakan waktu setengah jam bahkan satu jam lebih saat padat.

Demikian tutorial ini dibuat, semoga bermanfaat, jika masih bingung dapat ditanyakan di kolom komentar dengan akun facebook kamu.

Tanggapan